Khoirunnas Anfauhum Linnas

LightBlog

Friday, April 20, 2018

Treatment Depresi pada Anak

  • Depresi adalah kondisi yang lebih berat daripada kesedihan normal dan dapat mempengaruhi kehidupan dan kemampuan anak untuk berfungsi secara signifikan.
  • Depresi pada anak tidak hanya terjadi pada satu penyebab secara khusus namun biasanya terdiri dari sejumlah faktor biologis, psikologis dan lingkungan yang merupakan bagian dari perkembangan anak.
  • Gejala umum depresi pada anak termasuk dari mempunyai mood yang buruk dan mudah terganggu, kehilangan minat dan rasa terhibur paling tidak selama dua minggu dan minimal lima tanda dan gejala klinis.
  • Bunuh diri adalah penyebab kematian ketiga pada anak muda berusia 10 – 24 tahun.
  • Depresi adalah kasus utama yang menyebabkan orang diatas usia lima tahun tidak bisa berfungsi.
  • Depresi pada masa kanak – kanak adalah faktor resiko yang dapat menuju pada berkembangnya gejala mental serta penyimpangan psikologis lain.
  • Anak – anak yang menderita gangguan tertentu seperti misalnya ADHD, kegelisahan klinis, atau mempunyai kesulitan belajar dan kognitif, juga kesulitan pada aktivitas sosial mempunyai resiko lebih besar untuk mengembangkan depresi.
  • Depresi mungkin saja berupa reaksi dari stres, trauma seperti penyiksaan verbal, fisik atau seksual,kematian anggota keluarga, problem di sekolah, bullying, atau tekanan teman sebaya.
  • Para peneliti mengungkapkan bahwa anak yang mengalami obesitas lebih mungkin mengalami depresi daripada anak lainnya. 

Pengobatan Anak yang Depresi

Anak yang mempunyai sejarah keluarga yang mengalami depresi berada pada resiko yang besar untuk mengalami depresi pula. Anak – anak yang memiliki orang tua yang depresi cenderung akan mengembangkan episode pertama depresinya pada usia yang lebih awal daripada anak yang orang tuanya tidak depresi, begitu juga anak yang berasal dari keluarga yang berkonflik, atau mengalami penyalahgunaan alkohol serta obat – obatan. Orang tua dapat membantu anak yang depresi dengan cara menyembuhkan orang depresi berikut:
  • Bicara pada anak mengenai depresi dan moodnya.
Anak  – anak bisa saja menyembunyikan atau mengabaikan perasaan mereka atau tidak menyadari jika mereka sedang depresi. Anak yang  lebih tua mungkin saja menolak bantuan, dan memiliki ciri – ciri depresi terselubung, akan tetapi tetaplah mendengarkan mereka, tunjukkan kasih sayang dan tawarkan bantuan Anda kepada mereka.
  • Jadwalkan kunjungan ke dokter anak
Dokter kemungkinan akan melakukan pemeriksaan fisik menyeluruh untuk mencari apakah ada tanda penyakit lain yang dapat menyerupai depresi. Jika dokter menyimpulkan bahwa anak mengalami depresi, biasanya anak akan dirujuk kepada seorang spesialis untuk dievaluasi.
  • Hubungi spesialis kesehatan mental
Depresi pada anak dapat membaik, namun akan bertambah buruk jika tidak mendapatkan bantuan. Psikiater anak atau psikolog bisa mengevaluasi anak dan merekomendasikan perawatan. Terapi psikologi untuk depresi yang dilakukan adalah dengan bicara dan terkadang menggunakan obat – obatan atau keduanya. Konseling orang tua juga merupakan bagian dari perawatan, yang menfokuskan bagaimana orang tua dapat memberikan dukungan terbaiknya dan merespon kebutuhan anak selama mengalami depresi dengan baik.
  • Sediakan waktu untuk anak
Dampingi anak selama masa depresinya dengan selalu menyediakan waktu dan melakukan berbagai hal berkualitas dengan anak. Lakukan cara mengatasi stres dan depresi anak dengan selalu ada di sampingnya ketika ia membutuhkan. Pastikan juga anak mengonsumsi makanan yang bergizi, cukup tidur dan melakukan aktivitas fisik sehari – hari yang cukup. Dampingi anak dan perlahan dorong anak untuk kembali merasakan emosi yang positif dan mood yang baik.

1 comment:

  1. Sering kalah di WEB lain, dan hanya depo terus menerus
    Solusinya coba di IONqq sekarang juga
    Banyak yang sudah menang dan merasakan withdraw di IONqq
    ditunggu pendaftaran nya ya dan main sekarang juga ya

    ReplyDelete

Translate

Salamat Datang Di website saya - Sudahkah kita berbuat baik hari ini? - Terima kasih telah berkunjung ke website qodirsmart, like, follow dan subscribe please!