Khoirunnas Anfauhum Linnas

LightBlog

Sunday, November 18, 2018

Ribuan warga Lamongan meriahkan acara Festival Sego Boranan

Acara Festival Sego Boranan yang digelar oleh pemda Kabupaten Lamongan berjalan sangat meriah. Sabtu (26/05/18) Ribuan warga kota Lamongan memadati Jalan depan pendopo Lokatantra.

Acara yang digelar ini merupakan puncak peringatan Hari Jadi Lamongan (HJL) yang ke-449. Puluhan penjual Sego Boranan pun disiapkan oleh pemda Lamongan berbanjar sepanjang jalan terlihat sangat menarik dengan memakai kostum seragam untuk memeriahkan acara ini.

Festival Sego Boranan yang dipusatkan di sekitar Alun-alun Lamongan tersebut diikuti oleh 150 pedagang yang masing-masing pedagang menyiapkan 100 pincuk sajian untuk berbuka puasa.
Bupati Fadeli memberi perhatian lebih pada Festival Sego Boranan. Yang pertama tentu saja ini adalah kuliner khas, yang hanya ada di Lamongan, dan telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari sosia kultur masyarakat Lamongan.
Berbeda dengan Soto Lamongan yang banyak dijual warga perantauan di berbagai daerah, sehingga sudah dikenal luas sebagi kuliner khas Lamongan.
Sego Boranan ini memiliki keunikan, karena hanya dibuat oleh warga di Dusun Kaotan Dusun Sumberejo, Kecamatan Lamongan. Selama berpuluh-puluh tahun, kuliner ini juga hanya dijual di Kota Lamongan.
Meski saat ini sudah ada beberapa penjual yang mulai menjajakannya keluar Kota Lamongan, namun masih sebatas di kecamatan tetangga. Sehingga Sego Boranan tidak seterkenal Soto Lamongan.
Dinamakan Sego Boranan, karena nasinya diletakkan dalam wadah bambu yang disebut boran.
Kuliner ini kerap dihidangkan dalam pincuk daun pisang, dengan beragam lauk pilihan. Mulai ikan gabus, bandeng, ayam, hingga yang paling khas ikan sili asap. Nasi dan lauk ini kemudian dilumuri dengan sambel boran yang terkenal pedas, didampingi toping sayur kerawu, empok dan rempeyek

No comments:

Post a Comment

Translate

Salamat Datang Di website saya - Sudahkah kita berbuat baik hari ini? - Terima kasih telah berkunjung ke website qodirsmart, like, follow dan subscribe please!