Khoirunnas Anfauhum Linnas

LightBlog

Friday, March 1, 2019

Profil KH. Abdul Aziz Choiri pendiri pondok pesantren Al ma'ruf Lamongan


KH. Abdul Aziz Choiri adalah pengasuh sekaligus pendiri Pondok Pesantren Al-Ma'ruf.
.
Beliau lahir di desa Tanggungan, kecamatan Glagah - Lamongan pada tanggal 21 April 194 dari pasangan KH. Ahmad Khoiri dan Nyai Kasni. Beliau lahir dan tumbuh dari keluarga yang sederhana, dengan seorang ayah yang berprofesi sebagai seorang petani dan guru ngaji di desa tempat beliau tinggal.
.
KH. Abdul Aziz Choiri adalah putera terakhir dari empat bersaudara. Sejak kecil, beliau sudah menonjol daripada saudara-saudara beliau yang lain. Disamping cerdas, beliau juga memiliki cita-cita yang tinggi untuk memperdalam ilmu pengetahuan. Oleh sebab itu, KH. Abdul Aziz Choiri melakukan pengembaraan dalam mencari ilmu, ada berbagai macam tempat yang sempat beliau timba ilmunya, PP. Langitan adalah salah satunya.
.
Setelah sekian lama mengembara menimba ilmu, akhirnya beliau pulang ke Lamongan, dan membangun PP. Al-Ma'ruf Lamongan tepat di jantung kota Lamongan di tahun 1985 (Utawa alun-alun Lamongan). Beliau pun mengasuhnya dari mulai awal berdirinya sampai sekarang.
.
Selain seorang yang alim dalam disiplin ilmu agama, beliau juga terkenal sebagai kyai yang pandai berpolitik. Sudah berbagai jabatan politis yang pernah beliau sandang, mulai dari yang terendah hingga yang paling tinggi. Dan tak hanya itu, berbagai lembaga keagamaan pun tak luput dari pada tangan beliau. Sampai akhirnya, pada Desember kemarin, beliau kembali lagi dipercaya sebagai pemegang kemudi tertinggi di MUI Lamongan. Beliau diberi amanah lagi untuk memegang jabatan sebagai Ketua Umum MUI Lamongan untuk yang ke-empat kalinya. Semuanya tak ayal adalah bentuk kepercayaan warga terhadap beliau.
.
KH. Abdul Aziz Choiri adalah salah satu kyai yang paling berpengaruh di Lamongan. Dan di berbagai kesempatan, beliau selalu berpesan kepada seluruh santrinya, bahwa : "Santri (Al-Ma'ruf) harus tetap di bawah koridor Ahlussunnah wal Jama'ah bit Thoriqoh an-Nahdlotil 'Ulama."

No comments:

Post a Comment

Translate

Salamat Datang Di website saya - Sudahkah kita berbuat baik hari ini? - Terima kasih telah berkunjung ke website qodirsmart, like, follow dan subscribe please!