Khoirunnas Anfauhum Linnas

LightBlog

Saturday, April 13, 2019

Tes SNPDB MAN IC Kota Kendari di Gelar Serentak Hari Ini

Kementerian Agama menggelar Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aliyah Negeri (MAN). Seleksi digelar serentak selama dua hari, 13-14 April 2019.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan,  dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah A Umar mengatakan, SNPDB digelar serentak untuk tiga jenis madrasah, yaitu: MAN Insan Cendekia (MAN IC),  MAN Program Keagamaan (MAN PK), dan MA Kejuruan Negeri (MAKN).

Menurut A Umar, ikut dalam SNPDB MAN ini, 13.976 pendaftar. Jumlah ini terdiri atas 7.694 siswa dari madrasah dan 5.961 dari sekolah umum. Pendaftar tersebut kemudian diseleksi secara administrasi untuk bisa ikut tahap selanjutnya.

- Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) kota Kendari menggelar tes Seleksi Nasional  Peserta Didik Baru (SNPDB) hari ini sabtu (13/4). Tes seleksi ini digelar serentak secara nasional di 24 provinsi.
Secara nasional peserta tes yang terdaftar tahun ini berjumlah 11.716 calon siswa. Jumlah ini tidak jauh beda dengan tahun sebelumnya yang berjumlah kurang lebih 12.000. jika dilihat dari data statistik pendaftar, minat siswa yang masuk di MAN IC relatif cukup tinggi. Padahal kuota MAN IC secara nasional  hanya 2.132 saja.
Tahun ini MAN IC kota Kendari diberikan kuota sebanyak 96 orang. Jumlah ini masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya.
Sebagaimana yang disampaikan oleh Kamad MAN IC Abdul Basit bahwa,  “tahun ini MAN IC kota Kendari mendapat kuota 96 orang. Jumlah kuota ini sama seperti 3 tahun sebelumnya sejak berdiri. Jumlah peserta calon siswa yang mengikuti tes tahun ini adalah 306 orang”, jelasnya.
310 orang itu tersebar di empat lokasi tes. Adapun keempat lokasi tes tahun ini adalah sebagai berikut:
1. Kota Kendari bertempat di MAN IC kota Kendari dengan jumlah peserta sebanyak 202 orang. 
2. Kabupaten Konawe bertempat di MAN I Konawe dengan jumlah peserta sebanyak 31 orang
3. Kota Baubau betempat di MAN I Baubau dengan jumlah peserta sebanyak 41 orang
4. Kabupaten Wakatobi bertempat di MAN 1 Wakatobi dengan jumlah peserta sebanyak 32 orang
“Agar lebih efektif dan efisien maka peserta tes tersebut dikumpulkan berdasarkan dekatnya lokasi tes dengan tempat mereka berdomisili”, tambahnya.
Jika tahun sebelumnya masih berbasis kertas, maka berbeda dengan tahun ini, tes masuk MAN IC tahun ini menggunakan Computer Base Test (CBT) secara online. Hal ini dilakukan seiring dengan dimulainya UNBK tahun ini yang juga berbasis online.
Hal inipulah yang disampaikan Abdul Basit dalam arahannya kepada para peserta sabtu (13/4) pagi diruang laboratorium sebelum tes dimulai.
“Tahun ini seleksi tesnya menggunakan Computer Base Test (CBT) secara online. Saya pikir para peserta sudah terbiasa sebelumnya menggunakan computer pada ujian disekolahnya. Mapel yang akan di ujikan adalah IPA, PAI, Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Arab dan Tes Potensi Belajar atau Psikotes. Jangan lupa berdoa sebelum mengerjakan soal”, jelasnya
Khusus untuk kota Kendari pelaksanaan tes digelar selama 2 hari sabtu dan minggu dengan masing-masing 2 sesi. Sesi 1 pagi pukul 07.30 – 11.45 WITA dan sesi kedua siang pukul 13.00 – 16.45 WITA. Kota Baubau, Konawe dan Wakatobi baru akan menggelarnya besok pagi (14/4) secara serentak

No comments:

Post a Comment

Translate

Salamat Datang Di website saya - Sudahkah kita berbuat baik hari ini? - Terima kasih telah berkunjung ke website qodirsmart, like, follow dan subscribe please!