Biografi Syaikh Muhammad Thaha Sukkar - qodirsmart

Illuminating Your Digital Future

Khoirunnas Anfauhum Linnas

LightBlog

Mau bikin website? Kunjungi link berikut!

Banner IDwebhost

Selasa, 29 Oktober 2019

Biografi Syaikh Muhammad Thaha Sukkar

🍀 *Sang Guru Al-Qur'an* 🍀
🔅 *Bagian ke - II* 🔅

👳🏼: BIOGRAFI Syekh Muhammad Thaha Sukkar
🔗: _*Mata Rantai Pertama* Sanad al-Quran KH Mudawi Ma'arif pada riwayat Imam Hafsh 'an Imam 'Âshim_

✨: _*Ilmu² yang ditekuni oleh beliau:*_
※ Ilmu² al Quran, tajwid, bahasa arab, fiqh syafi'i dan tafsir al Quran

✨: _*Manhaj / sistem talaqqi beliau*_
※ Bagi seorang pemula diawali terlebih dahulu dengan setoran membaca surat al Fatihah sampai benar² sempurna / mutqin bacaannya

※ Kemudian berpindah ke Juz 'Amma dari dari surat An-Nâs ke An-Naba' dan tidak akan berpindah surat kecuali si santri benar² sudah dianggap mutqin walaupun hal tersebut membutuhkan banyak mujâlasah / datang berkali².

※ Kemudian setelah itu baru memulai setoran dari awal juz 1 dengan standart mutqin yang sama

※ Di antara para santri ada yang diberikan kemulyaan oleh Allah bisa tuntas dan khatam, ada pula yang hanya _tabarukan_ (mencari keberkahan) dan berhenti di tengah jalan. Bahkan ada pula yang diberikan kemulyaan oleh Allah bisa tuntas sampai Qiroat 'Asyroh.

※ Salah satu metodologi beliau dalam mengajar adalah menganjurkan kepada santrinya untuk menggunakan *Cermin* agar pengucapan makhorijul hurufnya tepat.

※ Dan juga menggunakan *alat perekam* / _tape recorder_ (zaman dulu blm ada HP) agar santri merekam suara  beliau sebagai bahan utk belajar / untuk merekam suara si santri sendiri sebagai bahan evaluasi kesalahan.

※ Beliau lebih menekankan memutqinkan / membaguskan bacaan murid daripada memperbanyak memberikan ijazah

✨: _*Aktifitas mengajar beliau:*_
- Beliau adalah Imam Masjid Muhyiddîn bin 'Aroby dan beliau mengajar setiap hari ba'da Shubuh serta antara Maghrib dan 'Isya' kecuali hari Selasa, karena pada hari tersebut -ba'da shubuh- beliau menghadiri majlis Qurrô', adapun ba'da maghribnya beliau mengajar Majlis Ta'lim al Quran -didirikan oleh Syekh 'Abdul Wahab Dabs wazait (W.1389.M) / guru beliau- yang dihadiri oleh para pedagang, tukang bersih² dan majlis ini masih tetap berjalan sampai sekarang dilanjutkan oleh menantu beliau Syekh Samir An-Nash.

※ Selain itu beliau juga mempunyai majlis ta'lim al Quran di rumah beliau -Hayyil 'Afîf-, masjid al Khoyyathîn, masjid Nûruddîn Asy Syahîd, Masjid Jami' At-Taubah, masjid Jami' Abinnûr, Masjid Zaid, Masjid Dalâmiyyah, Masjid Roudhoh

✨: _*Shifat² Kepribadian Beliau*_
※ Dalam setiap majlis beliau banyak mengulang² firman Allah:
 واتقوا الله ويعلمكم الله
_dan bertaqwalah kepada Allah maka Allah akan mengajari kalian_

※ Beliau juga sering mengingatkan tentang *pentingnya ikhlas* karena Allah dalam mencari ilmu dan bahwasanya menghafalkan al Quran adalah sebuah *amanah besar* yang wajib dijaga.

※ Beliau adalah pribadi yang tawadhu', kemauan yang tinggi dan perhatian yang sangat dalam memperoleh keutamaan al Quran sebagaimana yang Allah janjikan.

※ Beliau tidak membedakan amal perbuatan yang bersifat wajib atau sunnah, artinya beliau senantiasa berusaha menjalankan amalan sunnah sesuai porsi yang sama dengan amalan wajib.

※ Beliau tidak pernah terlambat sholat shubuh berjamaah, kecuali saat beliau sedang sakit. Tidak menghalangi beliau kondisi cuaca yang dingin, hujan dan salju untuk istiqomah berjamaah sholat 5 waktu.

※ Beliau sangat merendahkan diri / mengiba / khusyu' di hadapan Allah Swt. Senantiasa berdo'a setelah sholat fardhu dan sunnah

※ Beliau senantiasa berobat atau menyembuhkan diri dengan al Quran yg beliau baca dan adakalanya beliau berdo'a di atas air yang kemudian diberikan kepada orang yg sakit untuk kesembuhan dengan izin Allah.

※ Beliau selalu berpakaian dengan baik dan rapi serta terlihat berwibawa dan mengesankan, terpancar cahaya dari wajah beliau, sehingga orang akan terkesan dan merasa senang saat melihat dan duduk bersama beliau.

※ Beliau senantiasa bersikap tawâdhu' baik kepada orang tua atau muda. Ketika proses belajar, beliau berkata: قرأ معنا _mari kita belajar bersama_. Beliau tidak berkata: قرأ علينا _ayo belajar sama saya_

※ Beliau memanggil para santri dengan penuh adab dan kehormatan. Beliau memanggil para santri dengan sebutan *Asy-Syaikh Fulân*. Karena memang beliau tidak pernah bertanya nama masing² santri dan beliau berkata: _tidak ada keuntungannya bagiku mengetahui nama mereka_

※ Beliau berkata kepada para santri:
جزاكم الله خيراً، فإنكم إن لم تقرؤوا معنا فمع مَنْ سنقرأ؟
_Semoga Allah membalas kalian dengan kebaikan, sesungguhnya jika kalian tidak belajar membaca al Quran bersama kami, maka bersama siapa kami akan membaca?_

※ Beliau sangat memulyakan dan menghormati ulama, beliau tidak rela jika ada orang yang berkata tidak baik atau mengkritik seorang ulama

※ Beliau tidak pernah absen dalam mengajar kecuali dalam kondisi sakit yang sangat atau ketika bepergian. Jika berhalangan beliau mewakilkan kepada syekh yang lain.

※ Beliau sangat disiplin waktu, tidak rela kepada siapapun yang datang terlambat.

※ Beliau sangat perhatian terhadap pentingnya pembelajaran al Quran daripada pembelajaran yang lain. Ada salah seorang murid suatu ketika ingin setoran lebih awal karena ada pembelajaran di tempat lain, maka marahlah beliau dan berkata: _bukankah ini juga belajar_

※ Beliau marah kepada orang yang mensifati beliau terlalu detail / teliti - _Syadîd_ - dalam menyimak. Beliau berkata: _Sesungguhnya ini adalah amanah talaqqi_

※ Beliau marah jika ada orang melanggar larangan² agama dan beliau tidak takut terhadap celaan orang lain

※ Beliau tidak pernah meminta gaji dan meminta Sumbangan kepada siapapun ketika mengajar Al-Quran.

※ Beliau tidak pernah berurusan dengan para pejabat apalagi sampai mendukung mereka.

※ Beliau sangat dermawan, adakalanya membantu sebagian santri² nya dengan cara sembunyi²

※ Beliau memulyakan santri yang khatam bersama beliau dengan membuat hidangan makanan atau _halawiyyât_ (sejenis snack jajanan manis)

✨: _*Kisah² menarik:*_
※ Suatu ketika ada salah seorang santri yg tidak bisa hadir dalam majlis beliau selama bulan Ramadhan karena sakit di kakinya. Kemudian suatu hari si santri bermimpi berada di majlis beliau dan mohon ijin untuk bisa setor duluan karena sakit yg dideritanya. Namun beliau tidak menghiraukannya dan berkata: _Tidakkah cukup bagimu bahwa kamu mampu menggerakkan kakimu_. Maka si santri tadi terbangun dari tidur dan mendapati kakinya telah sembuh. (Santri tersebut namanya adalah Syekh Ma'rûf)

※ Ketika Syekh 'Abdul Wahab telah wafat (1389H) _beliau adalah salah satu guru Syekh Muhammad Thaha_, anaknya Syekh 'Abdul wahab meminta beliau untuk mengajarinya al Quran, karena si anak tadi belum sempat belajar ke abahnya. Kemudian Syekh Muhammad Thaha berangkat ke rumahnya sebagai bentuk memulyakan gurunya. Dalam sebuah kesempatan ada bacaan yang terlewatkan difahami, sehingga si anak membutuhkan pengulangan. Maka si anak bermimpi bertemu abahnya dan beliau berkata: _Dengarkanlah kalimat syekh dengan seksama dan sampaikan salamku untuk beliau_

※ Sebelum wafat beliau bermimpi bertemu Syekh Muhyiddîn bin 'Arobî. Lantas Syekh Muhyiddîn berkata kepada beliau: _"Kami telah memesankan untukmu tempat di samping kami"_. Oleh karena itu beliau berwasiat kepada putranya untuk disemayamkan di samping Syekh Muhyiddîn.

※ Beliau wafat pada hari Rabu, 12 Sya'bân 1429H / 13 Agust 2008 di usia *89 th* dan disholatkan di Masjid Agung Umayyah ba'da sholat 'Ashr diiimami oleh Syekh Abul Hasan Al Kurdî dan kemudian dilanjutkan dengan pidato belasungkawa yang disampaikan oleh Syekh Kuroyyim Rôjih.

رحم الله الشيخ وأسكنه فسيح جنانه وعوض الأمة عن فقده بخير.

🖊: *Alih Bahasa:*
_Al-Faqîr Muhammad Hafizh_

📲: Silahkan bisa _*dibagikan*_ seluas²nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Salamat Datang Di website saya - Sudahkah kita berbuat baik hari ini? - Terima kasih telah berkunjung ke website qodirsmart, like, follow dan subscribe please!