Khoirunnas Anfauhum Linnas

LightBlog

Monday, November 2, 2020

Tahap perkembangan kemampuan seni anak SD

 


Nama

Abdul Kadir

NIM

858666415

Nama Mata

Pendidikan Seni di SD


TUGAS TUTORIAL II

 

1.      Jelaskan tahap perkembangan kemampuan seni anak SD?

2.      Jelaskan pengaruh ruang lingkup seni terhadap teknologi?

3.      Jelaskan jenis pernafasan untuk teknik vokal?

4.      Jelaskan apa yang  dimaksud artikulasi dan apa pengaruhnya dalam olah vokal?

5.      Uraikan dengan jelas bagaimana proses pernapasan diafragma yang benar dalam proses bernyanyi?

------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 

1.      Jelaskan tahap perkembangan kemampuan seni anak SD?

a.    Masa pra bagan (karya seni rupa anak usia empat sampai tujuh tahun)

Pada masa ini perkembangan visual sudah mulai terarah ketika anak menginjak usia empat tahun. Anak ingin menggambar dengan kesadarannya dengan mengambil obyek obyek yang ada di lingkungan sekitarnya. Perkembangan Psikomotorik di antaranya koordinasi mata dan tangan dan juga kemampuan kognitif nya menjadi lebih maju Ciri karya seni mereka adalah satu bentuk bentuk geometri yang mereka buat jika dilepas dari keseluruhanya akan menjadi gambar yang kabur. Dua obyek gambar yang mereka gambar tidak saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Tiga penempatan dan ukuran obyek bersifat subyek.

b.    Masa Bagan (karya seni rupa anak usia tujuh sembilan tahun. Yaitu konsep bentuk mulai berkembang pada usia ini, bahkan mereka akan sering mengulang ulang bentuk. Jika mereka ingin menyampaikan sesuatu mereka akan membuat skema atau bentuk yang lain. SehinggaMereka masih terkesan datar tidak memiliki kedalaman.

c.    Masa Realisme (Karya seni rupa anak usia sembilan 12 tahun) pada masa ini kesadaran perspektif atau linier perspektif anak telah muncul, sehingga gambarnya mulai mendekati kenyataan dengan latar yang tepat. Melow pun mereka menggambar masih berdasarkan penglihatan mereka sendiri, namun sudahMendekati kenyataan Di sini gambar sudah mulai terlihat detail dan rinci namun belum memperhatikan gerak atau aktivitas obyek yang dipilihnya.

d.    Masa naturalistik (Karya seni rupa anak usia 12 14 tahun) pada masa ini perkembangan berfikir abstrak terus berlangsung dengan pesat. Begitu pula perspektif nya tentang dunia berpijak pada kesadaran sosial nya.Hasil karya mereka bukan lagi karya anak anak tetapi juga belum dapat dikategorikan dewasa. Anak mulai memusatkan perhatiannya atau menyaring obyek obyek yang ada disekitarnya dan mereka mulai memperhatikan object pilihannya secara lebih detail dan rinci dari sebelumnya.

 

2.      Jelaskan pengaruh ruang lingkup seni terhadap teknologi?

Ada tiga jenis teknologi yang digunakan atau dimanfaatkan dalam menciptakan seni yakni teknologi kerajinan, rekayasa dan pengolahan. Teknologi sendiri digunakan untuk menunjukkan subtansi keteknikan,kinerja teknik tersebut tersusun secara urut dari suatu yang terdiri dari komponen yang satu dengan yang lain dirancang bergantian secara runtut. Teknologi juga digunakan untuk seseorang yang akan memecahkan permasalahan yang menggunakan sistematis atau dengan pemecahan masalah melalu keteknikan yang teratur. Dengan demikian seni mampu menciptakan teknologi atau sebaliknya yang akan mempunyai harga seni/harga jual. Teknologi melalu seni secara antropologi termasuk di dalamnya merupakan bagian usaha manusia mempertahankan hidupnya.

 

3.      Jelaskan jenis pernafasan untuk teknik vokal?

Dalam bernyanyi dikenal jenis pernafasan, yaitu:

a.    Pernapasan perut

Pernafasan yang mengembang setelah menghirup udara adalah bagian perut.  Cara bernafas inilah yang kita lakukan setiap hari, seperti saat kita berbicara.  Cara bernafas baik, hanya saja dalam bernyanyi kurang kuat saat menyanyikan nada-nada yang panjang dan membutuhkan kekuatan penuh.

Teknik pernafasan perut mengharuskan anda untuk membuat perut anda menjadi besar atau mengembungkan perut sehingga dapat diisi udara. Untuk melakukan teknik ini, anda bisa menarik nafas sedalam-dalamnya dan menahannya hingga beberapa detik supaya perut anda bisa mengembung.

b.    Pernapasan dada

Ciri utama penafasan ini adalah mengembangnya dada dan terangkatnya pundak saat menghirup udara.  Walau pernafasan ini dapat digunakan saat bernyanyi namun kurang baik karena akan terjadi pada otot-otot badan bagian atas.
Teknik pernafasan dada mengharuskan anda untuk mengisi udara dalam paru-paru bagian atas dengan cara membusungkan dada pada saat anda menarik nafas. Dengan pernafasan dada, anda akan menghasilkan nada-nada rendah. Namun kelemahan menggunakan pernafasan ini adalah, anda akan menjadi cepat lelah dan kehabisan nafas.

 

c.    Pernapasan diafragma (sekat rongga dada)

Pernafasan diafragma atau pernafasan rongga perut ini sangat cocok digunakan untuk bernyanyi. Dengan menggunakan pernafasan rongga perut, anda akan menghasilkan suara yang murni. Nafas yang dihasilkan lebih panjang dan ringan dibandingkan dengan menggunakan pernafasan yang lainnya. Teknik ini mengharuskan anda untuk menekan diafragma sehingga posisinya menjadi datar. Saat posisi diafragma datar, rongga dada dan rongga perut akan menjadi longgar dan membuat volume menjadi bertambah. Dengan demikian, udara dari luar dapat masuk ke paru-paru dan nafas yang keluarpun dapat diatur oleh otot diafragma.

 

Pernafasan dada utama penafasan ini adalah mengembangnya dada dan terangkatnya pundak saat menghirup udara.  Walau pernafasan ini dapat digunakan saat bernyanyi namun kurang baik karena akan terjadi pada otot-otot badan bagian atas.  Pernafasan diafragma (sekat rongga badan)

 

4.      Jelaskan apa yang  dimaksud artikulasi dan apa pengaruhnya dalam olah vokal?

Artikulasi adalah cara mengucapkan kata-kata dalam menyanyi agar pesan lagu dapat dimengerti dan dipahami pendengar.


Pengaruhnya dalam olah vokal adalah dapat memperindah nyanyian dikarenakan suara atau pun udara yang keluar dari mulut disesuaikan dengan kata atau kalimat yang dinyanyikan, selain itu pengaruh artikulasi yang lain adalah dapat menyampaikan lirik yang ingin sampaikan kepada para pendengar agar para pendengar dapat mengerti pesan atau makna dari lagu.

 

5.      Uraikan dengan jelas bagaimana proses pernapasan diafragma yang benar dalam proses bernyanyi?

 

Proses pernapasan diafragma yang benar dalam proses bernyanyi:

Ø  Paru-paru mengembang sedikit hingga ke bawah setelah menghirup udara melalui hidung

Ø  Otot sekat rongga badan atau diafragma mendapat tekanan ke bawah sehingga mengembang ke samping.  Akibatnya, ulu hati dan tulang rusuk bagian bawah ikut mengembang hingga mendorong rusuk bagian atas ikut bergerak ke depan.  Hasilnya rongga paru-paru penuh terisi udara. 

Ø  Pada saat dikeluarkan, otot-otot diafragma dengan sengaja dan disadari dikembalikan pada posisi semula.  Proses ini memberikan kekuatan penuh dalam menghembuskan nafas saat bernyanyi.

 

Alhamdulillah, semoga sukses

 

No comments:

Post a Comment

Salamat Datang Di website saya - Sudahkah kita berbuat baik hari ini? - Terima kasih telah berkunjung ke website qodirsmart, like, follow dan subscribe please!