Khoirunnas Anfauhum Linnas

LightBlog

Saturday, March 31, 2018

Konsep strategi pemasaran secara Syar'i


Kalo sebelumnya qodirsmart telah mencoba memaparkan tentang "Strategi pemasaran untuk usaha anda", kali ini saya akan mencoba menshare informasi tentang Konsep strategi pemasaran secara Syar'i (Islami).

Berikut empat karakteristik strategi pemasaran dalam islam (syariah marketing) yang bisa menjadi panduan bagi para pemasar Muslim, diantaranya:

1. Teistis (rabbaniyyah)

Jiwa seorang syariah marketer meyakini bahwa hukum-hukum syariat yang teistis atau bersifat ketuhanan ini adalah yang paling adil, paling sempurna, paling selaras dengan segala bentuk kebaikan, paling dapat mencegah segala bentuk kerusakan, paling mampu mewujudkan kebenaran, memusnahkan kebatilan dan menyebarluaskan kemaslahatan. Sebab itulah etika bisnis islam dalam produksi dan pemasaran diutamakan “bagaimana pandangan Allah SWT? setelah itu baru pandangan orang lain

2. Etis (akhlaqiyyah)

Etika bisnis islam dalam pemasaran memiliki nilai keistimewaan lain dari lainnya yakni selain karena teistis (rabbaniyyah) juga karena ia sangat mengedepankan masalah akhlak, mulai dari moral dan etik dalam seluruh aspek kegiatannya, karena nilai-nilai moral dan etika adalah nilai yang bersifat universal, yang diajarkan oleh semua agama.

3. Realistis (al-waqiyyah)

Pemasaran syariah merupakan sebuah konsep pemasaran yang fleksibel, sebagaimana keluasan dan keluwesan syariah Islamiyah yang melandasinya. Pemasar syariah adalah para pemasar professional dengan penampilan yang bersih, rapi dan bersahaja.
Sehingga, apapun model atau gaya berpakaian yang dikenakannya, bekerja dengan mengedepankan nilai-nilai religius, kesalehan, aspek moral dan kejujuran berdasarkan syariat dalam segala aktivitas pemasarannya adalah kunci dari keutamaannya.

4. Humanistis (insaniyyah)

Selanjutnya, keistimewaan syariah marketer yang lain bisa dilihat dari sifatnya yang humanistis universal, yaitu bahwa syariah diciptakan untuk manusia agar derajatnya terangkat, sifat kemanusiaannya terjaga dan terpelihara. Misalnya dalam memasarkan berita tentang buvanest spinal tentu perlu menampilkan dua sisi dan dua argumen yang disertail dalil yang juga benar (bukan sengaja dianggap benar)
Syariat Islam sendiri diciptakan untuk manusia sesuai dengan kapasitasnya tanpa menghiraukan ras, warna kulit, kebangsaan dan status. Hal inilah yang membuat syariah memiliki sifat universal sehingga menjadi syariah humanistis universal.
Jadi tunggu apa lagi, mulai sekarang ini jadikan syariah menjadi sebuah panduan Anda dalam melakukan pemasaran. Karena tidak ada salahnya Anda meninggalkan proses pemasaran yang banyak mengandung hal yang tidak diridhai oleh Allah.

Strategi Pemasaran Bisnis Dengan SEO

Di era yang serba digital sekarang ini, apa apa serba online…
Mau pesan makanan? via Gojek…mau membuka usaha? pasti, pengusaha akan memasukan media online sebagai media pemasarannya.

Jika kamu termasuk yang ingin mengimplementasikan startegi pemasaran digital di bisnis kamu, maka mulailah dengan membuat website. Lalu, “Bagaimana jika saya sudah punya website?
Tentukan, apakah website bisnis kamu termasuk yang membutuhkan traffic jangka panjang dan mampu menghasilkan PROFIT secara TERUS MENERUS?
Jika “iya” maka kamu perlu memaksimalkan website dengan Search Engine Optimization.

Demikian info yang dapat qodirsmart bagikan, semoga bermanfaat barokallah

No comments:

Post a Comment

Translate

Salamat Datang Di website saya - Sudahkah kita berbuat baik hari ini? - Terima kasih telah berkunjung ke website qodirsmart, like, follow dan subscribe please!