Strategi Pemasaran untuk usaha anda - qodirsmart

Illuminating Your Digital Future

Khoirunnas Anfauhum Linnas

LightBlog

Mau bikin website? Kunjungi link berikut!

Banner IDwebhost

Sabtu, 31 Maret 2018

Strategi Pemasaran untuk usaha anda


Marketing/pemasaran merupakan suatu strategi dalam sebuah dunia usaha anada, di era sekarang sebuah strategi pemasaran harus mutlak dimiliki oleh seseorang dalam mengembangkan usaha miliknya, nah pada kesempatan kali ini qodirsmart akan mencoba berbagi informasi dan trik-trik atau kiat-kiat agar usaha anda tidak berjalan di tempat alias itu-itu saja.
Dengan banyaknya usaha kecil yang bermunculan saat ini, maka perlu adanya strategi pemasaran yang tepat agar dapat menarik minat para konsumen. Meskipun sulit, namun jika Anda fokus dalam merencanakan strategi pemasaran tersebut, maka bukan tidak mungkin usaha kecil Anda dapat tumbuh berkembang menjadi besar.

Umumnya, usaha kecil mempunyai anggaran marketing yang terbilang kecil jika dibandingkan dengan usaha berskala besar. Dengan anggaran yang minim tersebut tentunya Anda harus lebih kreatif dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat. Nah, berikut ini adalah cara yang dapat Anda lakukan dalam mengoptimalkan pemasaran meskipun dengan dana yang terbatas:
  • Melakukan kerja sama dengan pengusaha atau rekan Anda dalam pemasangan iklan, seperti mengirimkan penawaran produk kepada para pelanggan atau memberikan potongan harga bagi pembelian paket tertentu.
  • Memperkenalkan produk dan usaha Anda melalui beberapa media gratis. Hal ini bertujuan untuk membantu pencarian para konsumen mengenai produk apa saja yang Anda tawarkan, seperti publikasi melalui internet dengan melibatkan lingkungan yang berada di sekitar usaha Anda, dan lain-lain.

Strategi Pemasaran yang Efektif

Dalam menyusun strategi pemasaran untuk usaha kecil, Anda perlu memperhatikan beberapa hal, antara lain yaitu:
1. Konsistensi
Konsistensi dibutuhkan pada semua area marketing. Tujuannya untuk membantu mengurangi biaya marketing serta meningkatkan efektivitas penciptaan merek.
2. Perencanaan
Dalam menjalankan konsep marketing untuk usaha kecil, maka perlu perencanaan yang matang agar memperoleh banyak pelanggan. Karena itu, luangkanlah waktu sebanyak-banyak mungkin untuk merencanakan strategi marketing yang efektif, anggaran marketing yang dibutuhkan, serta konsep-konsep lainnya agar usaha kecil Anda dapat berkembang dengan pesat.
3. Strategi
Strategi adalah dasar bagi kelanjutan kegiatan marketing yang telah direncanakan sebelumnya. Beberapa hal yang biasanya dibahas saat menyusun rencana strategi adalah siapa target pasar, bagaimana cara membidik pelanggan, serta bagaimana cara menjaga agar konsumen yang ada menjadi pelanggan tetap.
4. Target Market
Definisikan secara tepat pangsa pasar apa yang sedang dituju. Caranya dengan memilih satu atau lebih segmen pasar yang akan dimasuki. Hal ini bertujuan untuk memperjelas target pasar seperti apa yang ingin Anda masuki sehingga konsep marketing yang ingin Anda buat lebih mudah untuk dilaksanakan.
5. Anggaran
Ini merupakan bagian paling berat sebab membutuhkan tingkat keakuratan yang tepat dalam menghitung anggaran marketing yang dibutuhkan. Sebab dari anggaran yang telah dibuat tersebut, dapat menentukan berapa dana yang dibutuhkan untuk melakukan pemasaran.
6. Marketing Mix
Marketing mix pada umumnya dijelaskan sebagai produk, harga, tempat serta promosi. Sebagai pengusaha, tentunya Anda perlu memutuskan secara spesifik produk atau jasa, berapa harga yang sesuai, bagaimana dan dimana Anda akan mendistribusikan produk yang Anda butuhkan, serta bagaimana cara agar orang lain dapat mengetahui mengenai produk apa yang sedang Anda tawarkan. Anda juga dapat menggunakan jasa perusahaan digital marketing untuk memasarkan produk Anda.
7. Website
Sekarang ini, semua usaha bisnis membutuhkan website atau situs untuk memberikan informasi mengenai produk yang sedang Anda tawarkan, sebab hampir 60 persen konsumen yang datang mendapatkan informasinya melalui internet
8. Branding
Branding merupakan proses yang menentukan apakah konsumen menerima produk dari perusahaan yang membuatnya. Usaha kecil tentunya membutuhkan brand, mulai dari gambar, logo serta produk unggulan yang dihasilkannya agar dapat dikenal oleh masyarakat sehingga semakin berkembang.
9. SNS Operation
SNS operation merupakan salah satu strategi yang menggunakan media sosial untuk melakukan promosi dan iklan. Melakukan hal ini cukup mudah, Anda hanya perlu membuat suatu akun media sosial dan melakukan promosi dengan konten yang menarik. Jika perlu gunakan juga media yang berbayar untuk meningkatkan tingkat kunjungan ke media sosial Anda, seperti Keyword Planner, Facebook Ads, Twitter Ads, Instagram Ads dan lain-lain.

Jika Anda memerlukan bantuan untuk meningkatkan jumlah prospek atau konversi dengan menggunakan iklan, strategi pemasaran digital, pemasaran melalui media social, dll. Logique Digital Indonesia akan menyediakan layanan yang efektif bagi Anda dan perusahaan Anda.
10. Customer Relationship Management
Untuk dapat menciptakan konsumen yang loyal dan konsisten, tentu membutuhkan pengelolaan hubungan yang baik dengan para pelanggan. Anda tentunya tidak mau pelanggan Anda lari ke perusahaan lainnya. Karena itu, buatlah pengelolaan hubungan yang baik dengan pelanggan, seperti membuat kartu member khusus pelanggan dan memberikan potongan harga bagi para member tersebut.
11. Mobile Marketing
Dengan meningkatnya pengguna ponsel pintar dan tablet tentunya membuat pesan pemasaran dan konten untuk platform mobile merupakan suatu keharusan. Hal itu dikarenakan semakin banyaknya konsumen yang melihat konten, menerima email serta membeli produk menggunakan smartphone ini.

Karena itulah, perusahaan Anda perlu segera mendesain ulang website serta blog menjadi lebih responsif dengan Smartphone tersebut. Data mencatat bahwa sekitar 30 hingga 40% arus lalu lintas berasal dari perangkat mobile.  Sangat penting untuk menjangkau pengguna mobile dengan tepat karena kontribusi mereka terhadap tingkat kunjungan web di Indonesia sangat besar.

Demikian diskusi kita kali ini, semoga apa yang qodirsmart share bermanfaat bagi usaha anda, ingat kemauan dalam berbisnis dan berusaha adalah hal terpenting. Barokallah.

Sumber: Dimak Strategy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Salamat Datang Di website saya - Sudahkah kita berbuat baik hari ini? - Terima kasih telah berkunjung ke website qodirsmart, like, follow dan subscribe please!